Dompet Dhuafa Latih Ibu PKK Tegal Alur untuk Siaga Bencana

13 views
- Advertisement -

JAKARTA – Ibu-ibu PKK di Kelurahan Tegal Alur, mengikuti kegiatan “Sosialisasi atau Penyuluhan Kesiapsiagaan Bencana untuk Ibu-ibu dan Keluarga,” pada Minggu (14/7/2019).

Kegiatan yang digelar Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa tersebut dilakukan di Aula Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Alur Flamboyan, Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

“Tim Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa punya sasaran khusus bagi para ibu di Jabodetabek yang notabene tempat tinggalnya merupakan daerah yang paling dekat dalam jangkauan. Pemilihan ibu-ibu penting karena ibu yang mengatur keseharian dan keberlangsungan urusan rumah tangga. Jadi kalau para ibu sudah siap siaga pada bencana, seluruh anggota keluarga biasanya akan punya pemahaman kesiapsiagaan juga,” demikian disampaikan fasilitator penyuluhan, Tri Febriani.

Ditambahkannya,  selain memberikan pemahaman mengenai kebencanaan dan cara aman meminimalisir dampaknya seperti gempa bumi. Para peserta diberi pengetahuan mengenai potensi gempa bumi di kawasan DKI Jakarta, apa yang harus dan jangan dilakukan saat gempa terjadi, serta tips menyelamatkan diri saat gempa.

Selain itu, para peserta yang berjumlah 56 orang juga diberi pengalaman langsung simulasi memadamkan kebakaran kecil. Simulasi pemadaman dilakukan dengan menggunakan selimut basah, APAR (alat pemadam api ringan), dan hal yang harus dilakukan saat terjadi kebocoran gas.

“Simulasi ini dilakukan agar ibu-ibu bisa merasakan langsung pengalaman memadamkan api. Juga demi memupuk keberanian mereka karena ini dilakukan di bawah pengawasan fasilitator yang terlatih. Respon semua peserta saat penyuluhan juga baik, terlihat saat tadi pemberian materi dan simulasi,” tutup Tri, dilaprkan Dhika Prabowo.

- Advertisement -