Klaster Filantropi Lingkungan Hidup,Bentuk Kepedulian Lembaga Filantropi Indonesia terhadap Isu Lingkungan

13 views
- Advertisement -

JAKARTA – Dompet Dhuafa menghadiri peluncuran Klaster Filantropi Lingkungan Hidup dan Konservasi, hasil kolaborasi berbagai lembaga filantropi diluncurkan di Gedung Accelerice, Kuningan Timur, Jakarta, yang juga  bertepatan dengan Philantropy Learning Forum edisi ke-24.

“Tanggung jawab melestarikan lingkungan ada di setiap pihak. Mungkin lembaga filantropi lain seperti Dompet Dhuafa tidak khusus berkapasitas dalam isu lingkungan. Namun, Dompet Dhuafa punya pengalaman dalam development community. Di sinilah kita sharing knowledge. Tujuan akhir dari kolaborasi tersebut ialah bisa memberikan dampak yang lebih luas dalam melestarikan lingkungan,” terang Director of Development The Nature Concervancy Indonesia, Budi Santoso.

Sementara Udhi Tri Kurniawan, selaku General Manajer Progam Ekonomi Dompet Dhuafa, mengatakan bahwa lingkungan sering rusak dikarenakan adanya kepentingan ekonomi dari manusia. Oleh karena itu bukan hanya pendekatan lingkungan yang digunakan, melainkan pendekatan ekonomi. Dompet Dhuafa mencoba memberikan peranannya dalam pelestarian lingkungan melalui pendekatan ekonomi.

“Dilema yang sekarang terjadi bahwa isu lingkungan itu sering dianggap isu elit, dimana masyarakat kelas bawah tidak terlalu banyak terlibat. Padahal banyak keterlibatan lingkungan dalam kehidupan masyarakat tingkat bawah. Apabila laut tercemar, ikan akan sulit didapat, nelayan tidak maksimal pendapatannya. Hal ini lah yang ingin kita hubungkan ke masyarakat,” terang Udhi, dilaporkan Zul.

Dompet Dhuafa sendiri sudah lama memberikan perhatian pada isu pelestarian lingkungan. Melalui Semesta Hijau, berbagai progam lingkungan sudah dilakukan, seperti Sedekah Pohon, Air Untuk Kehidupan, Pengelolaan Limbah dan sebagainya. Karena dengan lingkungan yang lestari dapat mendorong tumbuhnya ekonomi sirkuler di masyarakat.

 

- Advertisement -