Kelompok Ekstrem Kanan Italia Punya Rudal 3 Meter

28 views
- Advertisement -

JAKARTA – Pasukan anti-teror Italia menggerebek kelompok sayap kanan serta faksi sebuah ultras suporter sepakbola. Aparat menyita rudal antar udara sepanjang 3 meter, peluncur roket dan senapan mesin. Mereka juga menemukan propaganda neo-Nazi dan memorabilia Hitler.

Polisi mengklaim sukses mengusir ekstremis dalam razia yang digelar di seluruh wilayah Italia utara. Menurut mereka, penggerebekannya dipicu oleh penyelidikan mengenai keterlibatan kelompok sayap kanan Italia dalam konflik di Ukraina timur. Namun, operasi dadakan yang sekaligus menangkap mantan politikus sayap kanan dari partai neo-fasis Forza Nuova membuat politikus dan analis bertanya-tanya seberapa besar bahaya perkembangan simpatisan sayap kanan di Italia.

“Kelompok sayap kanan di sini memperdagangkan senjata perang sampai rudal. Kejadian ini luar biasa dan bukan main-main,” tutur Maurizio Martina, mantan ketua Partai Demokrat seperti dilansir Vice.com (19/7).

Gelombang kemarahan lebih ditujukan kepada Wakil Perdana Menteri Matteo Salvini, yang pernyataan anti-imigrannya memperparah xenofobia dan menguatkan sayap kanan di Italia.

- Advertisement -