Lucunya si Nunung Kali Ini

427 views
Nunung tampil bersama Sule dan Bolot di Net TV. Dia sebetulnya tampil tidak lucu, tapi payu.
- Advertisement -

PELAWAK yang baik adalah yang tidak ikut tertawa atas lawakan sendiri. Adakah si Nunung seperti itu? Selama ini dia hanya jadi “penggembira”. Jika terus eksis, semata-mata karena menang merk jebolan Srimulat, ditambah oleh peruntungan nasib yang tak lepas dari filosofi: wong pinter kalah karo wong begja. Tapi kali ini, “pelawak” bernama asli Tri Retna Prayudati ini lucunya bukan main. Bukan di panggung TV, tapi di kehidupan nyata. Biasanya tertawa menghibur orang, kini harus menangis ditangkap polisi gara-gara narkoba!

Indonesia punya pelawak legendaris yang lucunya mentok gardan, Basiyo, dari Yogyakarta. Ada juga Bing Slamet dari Jakarta, atau Ranto Edi Gudel (Mbah Ranto) dari Solo. Di luar itu didominasi oleh para pelawak yang pernah digembleng di Srimulat, semisal Tarsan, Basuki, Asmuni, Kadir, Tessy. Mereka adalah pelawak yang sesungguhnya, yang mampu memancing orang tertawa, tapi tidak ikut-ikutan tertawa.

Tapi pelawak seperti Eko Patrio, dan Nunung jebolan Srimulat, adalah sosok-sosok yang mujur saja. Mereka tak bisa melucu, tapi  terbawa oleh lawakan anggota tim lainnya, ketidaklucuannya jadi tak terlihat nyata. Bagaimana mau dikatakan pelawak, ketika kedua orang ini berusaha melempar lelucon, ikut tertawa sendiri meski lawakannya tidak lucu juga.

Beruntung Eko Patrio sudah menemukan habitatnya yang baru, jadi politisi DPR, bahkan masuk periode ketiga. Sedangkan Nunung tetap di jalur hiburan di TV, meski tetap tampil seadanya dan semampunya. Kelebihan dia adalah, karena jebolan Srimulat sehingga masih ada yang selalu mengajaknya. Maka dia pernah tampil di Si Dul Anak Sekolahan, Opera van Java dan sekarang “Ini Talk Show” di Net TV, dan program-program cengengesan lainnya setiap bulan Ramadan.

- Advertisement -