50 Orang Tewas dalam Serangan Udara di Pasar Idlib

12 views
Ilustrasi Serangan Assad dan sekutu ke Idlib. Foto: Anadolu
- Advertisement -

IDLIB – Serangan udara di pasar dan lingkungan perumahan di provinsi Idlib yang dikuasai pemberontak Suriah telah menewaskan sedikitnya 50 orang.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan setidaknya 36 warga sipil dan dua orang tak dikenal tewas pada Senin (22/7/2019), ketika serangan udara Rusia menghantam pasar dan daerah-daerah sekitarnya di Maarat al-Numan, sebuah kota berpenduduk padat di selatan provinsi Idlib.

Sementara 12 warga sipil lainnya tewas dalam serangan udara pemerintah Suriah di bagian lain provinsi itu di Suriah barat laut.

Aktivis mengatakan asap hitam mengepul di pusat kota dan warga di jalan-jalan meminta bantuan.

“Mayat-mayat tergeletak di jalan-jalan,” Abdul Rahman al-Yasser, penyelamat dari tim pertahanan sipil Idlib, mengatakan kepada Reuters, ketika ia mencari mayat-mayat di bawah reruntuhan.

“Semoga Tuhan membalas dendam pada Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Suriah Bashar al-Assad atas kejahatan mereka.”

Kepala rumah sakit setempat, Radwan Shardub, menggambarkan kengeriannya melihat tubuh dan bagian tubuh yang terbakar dan berkarbonisasi.

“Adalah kriminalitas tanpa batas untuk keheningan internasional yang memalukan,” katanya.

Kelompok penyelamat White Helmets mengatakan salah satu relawannya tewas dalam serangan itu, meningkatkan jumlah pekerja penyelamat yang terbunuh sejak April menjadi enam.

 

- Advertisement -