Jet Tempur Israel Serang Daraa Suriah, Sejumlah Warga Sipil Diduga Tewas

952 views
Serangan jet tempur Israel di Daraa Suriah/ Press TV
- Advertisement -

SURIAH – Beberapa warga sipil meninggal dan terluka akibat serangan jet tempur Israel di provinsi barat daya Suriah Dara’a, utara perbatasan dengan Yordania.

Jaringan berita televisi Suriah al-Ikhbariyah yang dikelola pemerintah mengatakan dalam sebuah newsflash bahwa serangan udara itu terjadi Rabu (24/7/2019) pagi dan diarahkan ke Tel Haraa, yang menghadap ke Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Kantor berita resmi Suriah SANA kemudian melaporkan bahwa serangan itu diluncurkan sekitar pukul 1.30 pagi waktu setempat.

Tel Haraa selama bertahun-tahun merupakan pos terdepan radar militer Rusia, hingga militan Takfiri yang disponsori asing mengatasinya pada 2014. Pasukan pemerintah Suriah berhasil membangun kendali penuh atas area strategis tahun lalu.

Pada hari Senin, sistem pertahanan udara Suriah menggagalkan ‘permusuhan’ di provinsi Hama di bagian barat-tengah Suriah.

Jaringan televisi yang dikelola pemerintah melaporkan bahwa ledakan terdengar di kota Masyaf, dan merupakan akibat dari peluru yang diluncurkan oleh kelompok-kelompok militan.

Masyaf dikenal sebagai salah satu tempat, di mana sistem rudal S-300 jarak jauh dan permukaan-ke-udara dikerahkan.

Suriah telah dicekam oleh militansi yang didukung asing sejak Maret 2011. Pemerintah Suriah mengatakan rezim Israel dan sekutu Barat dan regionalnya membantu kelompok-kelompok teroris Takfiri yang mendatangkan malapetaka di negara itu.

Dalam beberapa bulan terakhir, teroris Takfiri yang didukung asing menderita kekalahan berat dalam pertempuran melawan pasukan pemerintah Suriah, yang didukung oleh angkatan udara Rusia dan penasihat militer Iran.

Israel sering menyerang posisi di dalam Suriah dalam apa yang dianggap sebagai upaya untuk menopang teroris anti-Damaskus.

- Advertisement -