Cerita Master Pembuat Wayang Golek

14 views
Entang Sutisna
- Advertisement -

BOGOR (KBK) – Pada dekade 1963 Entang Sutisna tamat Sekolah Rakyat. Dari sana Entang muda kerap menonton pertunjukan kesenian Jawa Barat. Terbersitlah dibenak Entang untuk membuat wayang golek.

Secara otodidak Entang membuat bagian-bagian wayang satu per satu di kediamanya di Desa Sukamantri, kaki Gunung Salak, Bogor. Uniknya Entang terus membuat wayang golek dalam jumlah bayang kendati tidak ada yang mengorder. Di tahun 1969 Entang baru memberaikan diri menjual karyanya di Pasar Bogor.

“Saya jual wayang ini pertama-tama dititip ke pedagang pisang. Jadi terkenalnya ini wayang pisang,” ujar kakek berusia 72 tahun tersebut kepada KBK (25/7).

Lambat laun kerajinan wayang Entang dilirik pasar. Puncaknya pada tahun 1972, kediaman Entang di datangi Presiden RI Soeharto yang langsung mengorder 120 buah wayang golek.

“Waktu itu harga wayangnya seribu rupiah,” kata Entang.

Kini usaha wayang Entang dilanjutkan oleh anaknya, Enday Media. Berkat pemasaran yang masif kini rumah kerajinan wayang golek Entang di Keluarah Loji, Kota Bogor kerap di datangi turis mancanegara.

- Advertisement -