Lika-Liku Enday Kenalkan Wayang Golek Kepada Pasar Internasional

53 views
Enday Media dan wayang goleknya
- Advertisement -

BOGOR – Wayang golek merupakan salah satu kesenian yang dimiliki Indonesia. Salah satunya pelestari wayang golek sekaligus pemilik Media Art and Handicraft Bogor, Enday Media menceritakan bagaimana ia mulai berkiprah mengenalkan wayang golek ke pada dunia.

Sejak usia 13 tahun, Enday sudah belajar dan mampu membuat wayang golek. Ia diajari oleh ayahnya Entang Sutisna yang telah bergelut di pembuatan wayang sejak tamat Sekolah Rakyat di tahun 1963.

Tahun 1987, Enday kecil yang masih duduk di kelas 1 SMPN 2 Ciomas membantu pekerjaaan ayahnya, dengan cara membuat juga memasarkan wayang golek ke beberapa tempat. Pada tahun 2000 Enday kembali melakukan ekspansi pasar. Ia menawarkan langsung wayang golek buatannya kepada turis asing di Kebun Raya Bogor. Dari sana Enday mendapatkan respon positif.

”Setelah saya fokus usaha wayang golek, saya semakin ada waktu untuk memasarkan dengan cara presentasi ke turis dan biro-biro perjalanan wisata di Bogor, Jakarta, dan tempat lainnya,” ujarnya.

Berkat kegigihannya, kini setiap hari ada sekitar belasan turis mancanegara yang berkunjung ke workshop dan galerinya.

Saat ini, Media Art and Handicraft Bogor mempekerjakan 10 pekerja dan memproduksi 250 buah wayang golek untuk dijual di Bogor, Bali, hingga 101 outlet Batik Keris. Baginya, pembuatan dan penjualan wayang golek ini bukan bisnis semata, tetapi lebih kepada panggilan jiwa untuk melestarikan kebudayaan wayang golek.

- Advertisement -