YBM PLN Dukung Gerakan Berkurban Ramah Lingkungan

17 views
RAMAH LINGKUNGAN - YBM PLN sediakan 50.000 besek bambu untuk kurban ramah lingkungan di DKI. Herry Hasanuddin selaku pengurus YBM PLN menyerahkan secara simbolis ke salahsatu pengurus masjid disaksikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: YBM PLN
- Advertisement -

JAKARTA – Sebanyak 1110 pengelola masjid yang berasal dari 1001 masjid di Provinsi DKI Jakarta berkumpul di acara penutupan pelatihan pengelola masjid dan pelepasan petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban tahun 2019 di Jakarta Islamic Center.

Acara ini dihadiri para jajaran Pemprov DKI dan petugaspemeriksa kesehatan hewan kurban. Selain itu, pengelola masjid yang menerima sertifikat pelatihan penyembelih hewan kurban turut hadir dalam acara ini. Kegiatan juga diisi dengan aktifitas contoh pemotongan hewan kurban yang sesuai dengan syariat Islam didepan para peserta dan juga Gubernur DKI Jakarta.

Tahun ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai sebagai pembungkus daging kurban. Anies berharap langkah ini membuat masyarakat semakin sadar bahwa plastik sekali pakai punya dampak lingkungan yang kurang baik. Selain itu, bukan hanya pada lingkungan, Idul Adha 1440 H nantinya akan ikut menggerakkan roda perekonomian usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan memberikan manfaat pada para pengrajin besek.

Anies meminta petugas pendistribusi hewan kurban tidak memakai plastik karena tidak bisa didaur ulang. Besek bambu harus dipakai lantaran, menurutnya, bisa didaur ulang dan ramah lingkungan.

“Kita ingin ini bisa daur ulang bisa dibersihkan untuk kebutuhan lain. Kalau plastik hanya bisa sekali pakai, gunakan besek sudah bisa daur ulang bisa dipakai berkali-kali,” ucap Anies. Menurut Anies, penggunaan besek bambu bisa menggerakkan ekonomi kerakyatan karena dimanfaatkan perajin besek bambu. Mantan Mendikbud itu mengaku siap menampung besek dari perajin bambu.

Melihat hal itu YBM PLN sebagai salah satu Lembaga amil zakat di Indonesia merasa terpanggil untuk ikut terlibat dalam mendukung gerakan ramah lingkungan saat Idul Adha ini. YBM PLN menyediakan sedikitnya 50 ribu besek bambu yang dipasok dari UMKM dari beberapa daerah penyangga Ibu Kota. Untuk kemudian dibagikan kepada masjid-masjid yang ada di Provinsi DKI Jakarta.

- Advertisement -