Betapa Sulitnya Mendeteksi Pelaku Polusi Udara

3 views
- Advertisement -

 

JAKARTA (KBK) – Menurut pakar hukum lingkungan, Kristanto sulitnya mendeteksi pelaku atau penyebab polusi udara di Jakarta agak sulit, sebab memiki banyak faktor. Faktor-faktor tersebut kata Kristanto hanya akan berbuntut sifat saling menyalahkan.

Kondisi tersebut tambahnya kian diperparah oleh pemerintah yang kerap memenangkan gugatan terhadap perusak lingkungan namun tanpa langkah konkrit untuk memperbaikinya.

“Setelah menang gugatan, uang pengganti masuk ke kas negara dan baru dikeluarkan saat penyusunan APBN. Namun sering kali ada unsur politik di dalamnya” jelas Kristanto dalam diskusi publik bertajuk #jangantakutbernapas yang diinisiasi oleh Dompet Dhuafa (2/8).

Ia menambahkan jatuhnya korban akibat polusi udara bentuk tanggung jawabnya sangat tidak sederhana. Kendati ajakan untuk mengubah pola hidup menjadi lebih go green namun acap kali slogan ini terbentur oleh aspek ekonomi.

“Contohnya kendaraan yang sudah tak layak jalan sangat menimbulkan polusi tapi itu merupakan ladang mereka untuk mencari nafkah,” tuturnya.

- Advertisement -