Keterlibatan Generasi Milenial Sukseskan Program Kurban Dompet Dhuafa

15 views
- Advertisement -

JAKARTA – Generasi milenial menjadi penyumbang  keberhasilan dalam mensosialisasikan program Tebar Hewaan Kurban (THK) 2019 yang digagas Dompet Dhuafa.

Udhi Tri Kurniawan, selaku General Manager (GM) Program Ekonomi Dompet Dhuafa Filantropi mengatakan THK 2019 itu sangat identik dengan milenial, karena tren hari ini generasi milenial itu punya kecendreungan untuk berbagi.

Melalui THK 2019, Dompet Dhuafa memfasilitasi semangat, karakter berbagi yang dimiliki generasi milenial. Bentuk keterlibatannya ialah dalam memastikan kebaikan kurban itu sampai ke orang-orang yang layak menerima. Dompet Dhuafa juga membuka ruang bagi generasi millenial untuk mewujudkan keterlibatan semangat berkurban dengan menjadi bagian dalam proses distribusi daging kurban di dalam negeri. Caranya cukup mudah, yakni hadir di titik lokasi distribusi. Sambil melihat berita terbaru di media sosial Dompet Dhuafa.

Sampai sekarang, Dompet Dhuafa berhasil mempersiapkan stok hewan kurban sebanyak 30.000 ekor (setara doka). Hasil tersebut tercapai melalui kerja sama dengan peternak-peternak binaan Dompet Dhuafa yang berjumlah 69 mitra ternak di seluruh Indonesia.

“Total mitra sebanyak 69 entitas. Jadi mitra-mitra kita ini binaan jaringan Dompet Dhuafa. Hubungan yang terjalin antara mitra dengan Dompet Dhuafa bukan lagi hubungan transaksi. Tetapi lebih kepada value dan kepemilikan. Jadi masing-masing sudah merasa menjadi bagian dari Dompet Dhuafa,” ujar Bambang Suherman, selaku Direktur Program Dompet Dhuafa Filantropi.

Nantinya, mitra peternak juga bertanggung jawab untuk menjadi distributor daging-daging kurban. Sehingga hewan kurban yang sudah disembelih, mitra peternak akan membagikannya ke seluruh penerima manfaat.

“Mereka selain sebagai penyedia stok hewan kurban, mereka juga mempuyai kewajiban untuk mendistribusikan. Dalam implementasinya nanti, mereka banyak berkolaborasi dengan pihak-pihak terdekat seperti masjid, pesantren, pemerintah desa dan relawan-relawan lainnya,” paparnya.

- Advertisement -