Respon Dompet Dhuafa terhadap Bencana Gempa Banten

16 views
- Advertisement -

BANTEN – Dompet Dhuafa sudah mengirim tim respon bencana ke lokasi terdampak.gempa sejak Sabtu (3/8/2019) pagi, pukul 03.00 WIB di kampung Kopi, Desa Kertajaya, Sumur, Pandeglang.

Sebelumnya, empat relawan Dompet Dhuafa dari Banten sudah berada di lokasi beberapa jam setelah guncangan gempa terhenti pada Jumat (2/8/2019) malam.

Setiba di lokasi, tim relawan langsung bergerak membagikan makanan, obat-obatan dan selimut kepada para pengungsi.

Gun Gun Candra Gunadih, selaku koordinator tim menyebutkan saat timnya tiba warga masih terpencar di beberapa titik kumpul kemudian oleh tim respon bencana dikumpulkan dan didirikan posko dekat masjid setempat.

Gun Gun melanjutkan, sekitar 200 jiwa berhasil dikumpulkan. Ia bersama tiga relawan lainnya berusaha menenangkan warga yang terdampak supaya tetap tenang. Saat ini warga terdampak menempati tempat pengungsian. Beberapa warga dikatakan sudah ada yang pulang ke rumahnya masing-masing.

“Setelah guncangan berhenti, kami langsung bergegas menuju ke lokasi. Mereka masih terpencar. Oleh karena itu, kami berinisiasi untuk membuat posko dan langsung mendistribusikan bantuan. Kami langsung membagikan roti, biskuit untuk bayi, obat-obatan, pampers dan selimut untuk warga yang mengungsi,” terang Gun Gun, dilansir laman dompetdhuafa.org.

Selain empat personil respon cepat bencana tersebut, dua personil tambahan dari DMC tiba di tempat pengungsian Sabtu (3/8/2019) pagi, pukul 03.00 WIB. Dua persnonil tambahan dikerahkan guna membantu proses respon cepat bencana dan assesment.

- Advertisement -