Dompet Dhuafa Jatim dan Mitra Ternak Kembeng Makmur Salurkan Hewan Kurban ke Pelosok Situbondo

30 views
- Advertisement -

SITUBONDO – Dompet Dhuafa Jawa Timur bersama mitra ternak Kembeng Makmur terus menyalurkan hewan kurban ke berbagai pelosok Situbondo bahkan Bali dalam pemenuhan kurban di wilayah tersebut pada (Sabtu, 10/8/2019).

“Kembeng Makmur beranggotakan 6 anggota dengan jumlah kambing 645 ekor. Pertama kali tahun 2005 hanya memiliki 3 sampai 4 ekor, hingga pada tahun 2011 mencapai 100 ekor lebih. Kerjasama dengan Dompet Dhuafa menjadi lebih luas dalam segi pemasaran dan pengetahuan dalam peternakan”, ujar Artejo (40),  salah satu anggota Kembeng Makmur, dalam press rilis yang diterima KBK.

Dipaparkan Artejo, awalnya kambing banyak yang mati karena awamnya pengetahuan tentang ternak kambing. Namun dengan adanya pendampingan dari Dompet Dhuafa Jawa Timur, didapat ilmu ternak yang lebih sehingga meningkatkan produktivitas ternak.

Dia bersyukur  tahun ini bisa menyuplai 640 hewan domba untuk kurban. Sebanyak 175 ekor hewan dikirimkan ke wilayah Bali Sabtu malam.

Tidak hanya mengembangkan ternak domba, Kembeng Makmur juga berupaya mengembangkan pupuk dari kotoran domba, yang saat ini permintaan selalu meningkat seiring laju pertanian sehat bebas dari pestisida. Bahan cairan tersebut sudah disebar untuk membantu para petani tebu, cabai dan sayur mayur sekitar Situbondo.

- Advertisement -