Puluhan WNI yang Sempat Terjebak di Bandara Hong Kong Masih Takutkan Adanya Demo Susulan

55 views
Demonstrasi masih terus warnai Hong Kong/ GETTY
- Advertisement -

HONG KONG – Puluhan WNI yang sempat terjebak di Bandara Internasional Hong Kong kembali mendatangi bandara Hong Kong, Selasa (13/8/2019), untuk meninggalkan wilayah itu.

Selasa pagi, sekitar pukul 09.15 waktu setempat, 47 orang atlet renang DKI Jakarta serta pelatih dan pengurusnya, meninggalkan Kantor KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) di Hong Kong, menuju bandara.

Sebelumnya mereka menginap di kantor konsulat setelah dijemput pihak KJRI di bandara Hong Kong pada Senin malam setelah penerbangan mereka ditunda karena pengunjukrasa memblokade bandara.

“Mereka memutuskan kembali ke bandara setelah mendapat kepastian bahwa bandara sudah dibuka kembali dan kepastian adanya penerbangan”, kata Pelaksana Tugas Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Mandala Purba.

Sementara, pelatih renang DKI Jakarta, Albert Sutanto, mengatakan pihaknya memutuskan lebih awal mendatangi bandara untuk mengantisipasi kemungkinan adanya unjuk rasa susulan pada Selasa siang atau sore.

Sebagai opsi pertama, mereka akan meninggalkan Hong Kong pada penerbangan Chatay Pasific sekitar pukul 15.00 atau opsi keduanya pada sekitar pukul 19.00.

Sesuai masukan dari KJRI, mereka memutuskan lebih awal ke bandara untuk mengantisipasi kemungkinan unjuk rasa akan terulang.

“Kalau naik yang jam 19.00 waktu setempat, kita dengar ada demo lagi antara pukul dua dan tiga. Jadi, kalau bisa kita sudah berada di dalam airport,” papar Albert, dikutip BBC Indonesia.

 

 

- Advertisement -