Sambut HUT Kemerdekaan, Dompet Dhuafa Ajak Bersih-bersih dan Renovasi Tugu Romusha

11 views
Napak tilas dan tutur romusha di Lebak Banten/ Dompet Dhuafa
- Advertisement -

BANTEN – Dompet Dhuafa menggelar Napak Tilas dan Tutur Romusha dengan mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan bersih bersih dan Renovasi Tugu Tan Malaka atau di Desa Bayah Barat Kec.Bayah Kab.Lebak, Selasa (13/8/2019).

Kegiatan ini diharapkan dapat memupuk semangat juang pemuda dan mengingatkan kembali atas peristiwa Romusha yang membangun rel kereta api Saketi-Bayah sepanjang 89 KM pada tahun 1943-1944 yang bertujuan untuk mengangkut batu bara dari wilayah untuk memasok keperluan perang dunia II.

Acara ini diikuti oleh 100 peserta dari sekolah sekitar Bayah diantaranya SMPN 1 Bayah,SMA 1 Bayah, MA N Bayah, MTSn Bayah dan SMK N Bayah.

“Ini sebagai edukasi bagi anak melenial.Berharap kita jaga dan bersyukur dan menjadi pemicu bagi kami dan anak muda untuk bisa ikut kembali dalam kegiatan sosial,” ujar¬†Sekretaris Camat Bayah Ali Rachman.

Hendra Setia,selaku Manajer Program Dompet Dhuafa menuturkan kegiatan rutin dilakukan ditempat – tempat bersejarah untuk menyongsong Hari Ulang Tahun ke- 74 Republik Indonesia.

“Kegiatan ini diharapkan bisa memupuk rasa kebersamaan dan dapat meningkatkan semangat nasionalisme,cinta tanah air dan juga menumbuhkan rasa kepedulian kepada para Romusha sebagai saksi hidup sejarah yang bisa memberikan edukasi kepada generasi muda,” ucap Hendra Setia, dikutip dari Republika.co.id.

- Advertisement -