“DOMPET DHUAFA PARTISIPASI ACARA SEMANGAT HIJAU UNTUK NEGERI DI PULAU SERIBU”

13 views
- Advertisement -

KP.SERIBU (KBK) – Perubahan iklim kini menjadi perhatian dunia internasional. Menyikapi kondisi tersebut Dompet Dhuafa turut berpartisipasi bersama sejumlah organisasi dan komunitas pemerhati lingkungan pada acara bertajuk Semangat Hijau untuk Negri 2019 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta (14/8).

Acara ini merupakan gerakan simultan untuk mewujudkan Pulauku Nol Sampah yang telah menjadi Gerakan Bersama di Kepulauan Seribu. Manajer Lingkungan dan Keuangan Mikro Syariah Dompet Dhuafa, Syamsul Adriansyah, menyebutkan masyarakat bukan hanya ditempatkan sebagai pihak yang berhak mendapatkan kualitas udara yang baik dan sehat namun juga masyarakat adalah pihak yang ikut berperan bertanggung jawab dalam memastikan kualitas udara tetap baik dan tidak menimbulkan resiko bagi kesehatan.

“Keberadaan pohon mangrove dinilai bukan hanya sebagai ekosistem alam. Namun juga sebagai unsur penggerak ekonomi pesisir. Dengan adanya mangrove, maka ekosistem pesisir laut akan semakin ramai. Nelayan tidak perlu berlayar lebih jauh untuk mencari ikan. Hutan mangrove juga menyimpan potensi wisata,” Ujar Samsul.

Dalam acara kali ini juga melibatkan beberapa sekolah negri yang berada di Pulau Pramuka dan Pulau Panggang. Eef Saeful Mufatah salah satu siswa daru
SMA Negri 9 Jakarta mengatakan hadirnya mangrove di pulau tempat tinggalnya, menjadikan lingkungan semakin bersih dan warganya pun dapat teredukasi menyoal perhatian terhadap lingkungan.

“Kalau ada mangrove banyak pantai bisa bersih,” ujarnya.

- Advertisement -