Macron Serukan Bahas Kebakaran Amazon d KTT G7, Presiden Brasil Tidak Terima

363 views
Kebakaran hutan Amazon/ Reuters
- Advertisement -

PRANCIS – Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengatakan kebakaran yang terjadi di hutan hujan Amazon adalah krisis internasional yang harus menjadi agenda prioritas di Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara G7.

Macron, yang menjadi tuan rumah KTT G7 akhir pekan ini yang diikuti beberapa negara dengan ekonomi termaju di dunia, memperingatkan pada hari Kamis (22/8/2019) bahwa ‘kesehatan’ Amazon adalah masalah yang menjadi perhatian internasional.

“Hutan hujan Amazon, paru-paru yang memproduksi 20% oksigen di planet kita, sedang terbakar,” kicaunya di twitter. “Para anggota KTT G7, mari kita diskusikan kondisi darurat ini pertama-tama dalam dua hari!”

Sementara Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mengatakan pemerintahnya terbuka untuk dialog tentang kebakaran di Amazon,  namun mengkritik seruan untuk mendiskusikan isu tersebut di KTT G7.

“Saran presiden Prancis untuk mendiskusikan masalah Amazon di G7 tanpa partisipasi negara yang terlibat mengesankan pola pikir penjajah yang salah tempat, yang tidak cocok dengan abad 21,” tulisnya di media sosial.

Ddilaporkan BBC, ia juga menuduh Macron membesar-besarkan masalah ini, termasuk dengan menggunakan gambar palsu.

Data satelit yang diterbitkan Institut Nasional untuk Riset Antariksa Brasil (Inpe) menunjukkan kebakaran hutan meningkat 85% di seluruh Brasil pada tahun ini, sebagian besar terjadi di wilayah Amazon.

Para pegiat lingkungan menyalahkan pemerintahan Bolsonaro atas masalah Amazon. Mereka menudingnya mendorong penebang kayu dan petani untuk membuka lahan.

 

 

- Advertisement -