Ijo Royo-Royo di Jalan Raya

655 views
Setiap hari Gojek dan Grab nampak ijo royo-royo di jalan raya.
- Advertisement -

DI masa Orde Baru istilah “ijo royo-royo” hanya ada di gedung DPR Senayan. Tapi sekarang, “ijo royo-royo” nampak sehari-hari di jalanan ibukota. Jangan salah, itu bukan karena banyak pohon besar di pinggir jalan, tapi karena banyaknya pengojek online (Ojol) di jalan raya berbagai kota. Mereka berbondong-bondong mencari rejeki  sesuap nasi. Celakanya, kaum yang disebut “pahlawan transportasi” itu mulai Senin kemarin menaikkan tarifnya secara nasional. Dikhawatirkan akan berimbas dengan menurunnya penumpang.

Di jaman Orde Baru, istilah “ijo royo-royo” memang untuk menyindir Fraksi ABRI di DPR. Soalnya berjumlah sampai 100, diperoleh secara otomatis tanpa melalui Pemilu. Tak hanya di DPR, di Kemendagri jabatan lurah, camat, bupati, walikota, sampai menteri banyak yang dipegang ABRI. Namun setelah era reformasi, dwifungsi ABRI menghilang termasuk juga Fraksi ABRI, karena sejak 2004 di Senayan tak ada lagi wakil dari TNI.

Tapi belasan tahun kemudian atau belakangan ini, istilah itu gantian untuk menyindir banyakya pasukan Ojol di jalan-jalan Ibukota. Bukan saja Jakarta yang sekarang masih ibukota negara, tapi juga kota-kota yang lain. Ekspansi mereka sering bikin pusing Pemda-Pemda, karena terjadi gejolak ketika ojek pangkalan merasa tersaingi oleh ojek online.

Bagaimana nggak tersaingi, Gojek tarifnya lebih murah, bisa dipanggil ke rumah lagi. Sedangkan ojek konvensional, penumpang harus mencegat atau mencari di mana mereka mangkal. Begitu murahnya, penumpang banyak yang tega, sehingga tanpa diminta pun memberi uang tambahan. Misalkan kesepakatan Rp 20.000,- sering dibulatkan menjadi Rp 25.000,-

Hebat memang Ojol ini. Berkat kreativitas otak encer anak muda, Ojol yang namanya Gojek dan  Grab mengindonesia. Ini luar biasa. Hanya pencet aplikasi di HP, Ojol akan datang ke rumah, siap mengantarkan Anda ke mana saja. Ongkosnya sudah jelas. Meski macet di jalan, tak dibebankan pada penumpang.

- Advertisement -