Demonstran Hong Kong Bantah akan Gelar Unjuk Rasa Peringati Tragedi 911 di AS

346 views
Ilustrasi demonstran Hong Kong/ AFP
- Advertisement -

HONG KONG – Demonstran Hong Kong menyangkal akan melakukan unjuk rasa besar-besaran yang digelar untuk memperingati  tragedi 9/11 di Amerika Serikat.

“Dalam solidaritas melawan terorisme, semua bentuk protes di Hong Kong akan dihentikan pada 11 September, meski masih ada potensi untuk bernyanyi dan menyerukan slogan,” bunyi pernyataan demonstran.

Mereka membantah tudingan pemerintah yang telah disebarluaskan melalui satu pemberitaan di media milik negara, China Daily, bahwa pemerintah menuding para demonstran Hong Kong merencanakan serangan teror besar-besaran dalam aksi pada 11 September.

“Para fanatik anti-pemerintah merencanakan serangan teror besar-besaran, termasuk meledakkan pipa gas, di Hong Kong pada 11 September.” .

“Rencana teror 9/11 itu juga mendorong serangan diskriminasi terhadap pengguna bahasa Mandarin non-pribumi dan menyulut amarah,” tambah pemerintah, yang dikutip Reuters.

Demonstran yang mengetahuinya, langsung menampik pernyataan pemerintah “Kami bahkan tidak perlu melakukan pengecekan fakta untuk mengetahui bahwa itu adalah berita bohong,” ujar seorang demonstran Michael.

“Media pemerintah tidak peduli dengan kredibilitas mereka. Ketika sesuatu yang mereka tahu dari WhatsApp atau keterangan teman dari teman mereka, mereka akan langsung mengabarkannya.”

- Advertisement -