Pelajar Indonesia Ajak Turki Bangun Desa Tertinggal di Banten

439 views
Persatuan Pelajar Indonesia di Bursa, Turki bersama relawan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Turki memberikan bantuan sosial di Desa Mekarmanik, Banten. (Mahmut Atanur - Anadolu Agency)
- Advertisement -

JAKARTA – Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Bursa, Turki berkerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Turki melakukan pemberdayaan masyarakat di Desa Mekarmanik, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Bursa, Turki yang bertujuan memberdayakan desa-desa tertinggal di tanah air.

Program ini dinamakan Pelajar Bursa untuk Indonesia atau disingkat PRUSA.

Ketua PRUSA Usamah Taqiyuddin mengatakan Desa Mekarmanik dipilih karena tergolong desa tertinggal dengan rata-rata penghasilan Rp600.000 ke bawah.

Usamah mengatakan lembaganya menggandeng Kemenpora Turki yang memiliki program pemberdayaan desa-desa atau Damla Pröjesi.

“Ini merupakan bentuk pengabdian kami dan para pemuda di Turki bagi desa tertinggal,” terang dia kepada Anadolu Agency di Jakarta pada Selasa.

Menurut Usamah, ada lima sektor pemberdayaan yang mereka lakukan bersama Kemenpora Turki, yakni pendidikan, ekonomi, kesehatan, sosial budaya, dan pariwisata.

Seperti dilansir Anadolu, PPI juga menanam 120 bibit pohon durian, yang sebagian hasil panennya nanti akan dialokasikan untuk beasiswa anak berprestasi dan kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan di Banten.
.

- Advertisement -