Polemik Kabut Asap, Fotografer Malaysia Serukan Kembalikan Asap ke Indonesia

446 views
BNPB tegaskan asap karhutla hanya sampai lintasbatas Kalbar-Serawak/ ANTARA
- Advertisement -

KUALA LUMPUR – Seorang fotografer Malaysia menyerukan aksi nyata mengembalikan kabut asap ke Indonesia yang diduga telah mencemar udara Malaysia.

“Saya serukan kepada rakyat Malaysia keluar pada tanggal 16 (September), bawa keluar kipas angin dan kita semua arahkan ke Indonesia,” seru Farhan melalui akun Twitter @lamkanahraf, sebagaimana dipantau The Star.

Ajakan Farhan hingga kini sudah diunggah ulang lebih dari 18.000 kali.

“Secara kolektif, kita pasti bisa tiup belik kabut asap ke Indonesia! Ayo rakyat Malaysia!!” serunya.

Namun pemuda lainnya, Mimie Rahman (28) mengatakan, tidak perlu saling menyalahkan diantara kedua negara.

“Buat perubahan, tidak hanya untuk negara ini, tetapi secara global dalam memerangi bukan hanya masalah kabut asap namun juga isu lain terkait perubahan iklim,” katanya.

Mimie menambahkan, warga juga perlu berperan aktif dalam upaya mengatasi kabut asap yang kian memburuk. “Ketika kita melihat kebakaran di ruang terbuka, kita perlu melakukan sesuatu dan berhenti untuk hanya sekadar melihat,” imbuhnya.

Malaysia sebelumnya diberitakan sudah memberikan surat tawaran bantuan untuk menangani karhutla di Kalimantan. Sementara BMKG telah mengatakan jika asap karhutla di Kalimantan hanya berada di lintas batas Serawak-Kalimantan dan tidak sampai mencemari Malaysia.

- Advertisement -