Trump Percaya Bantahan Netanyahu Tidak Pasang Penyadap di Gedung Putih

415 views
Konferensi Pers Trump dan Netanyahu di Gedung Putih/ Reuters
- Advertisement -

TEL AVIV – Perdana Menteri Benjamin Netanyahu membantah laporan media yang menyatakan Israel memasang alat penyadap ponsel di sekitar Gedung Putih.

Netanyahu juga mengatakan jika  Presiden Amerika Serikat Donald Trump mempercayai bantahannya.

Berbicara dalam perjalanan ke Rusia pada hari Kamis (12/9/2019),  Netanyahu mengatakan tidak ada yang menguping ponsel di sekitar kepresidenan AS karena dia telah melarang mata-mata terhadap AS.

“Saya memiliki arahan: tidak ada koneksi intelijen di Amerika Serikat, tidak ada mata-mata,” katanya, dikutip Aljazeera. “Ini ditegakkan dengan ketat tanpa pengecualian. Ini adalah rekayasa lengkap.”

Sebuah pernyataan dari kantor Netanyahu menggemakan komentarnya dan menyebut laporan itu “kebohongan”.

“Ada komitmen lama dan arahan dari pemerintah Israel untuk tidak terlibat dalam operasi intelijen di AS,” kata pernyataan itu.

Outlet berita online Politico melaporkan bahwa penyelidikan oleh FBI dan agen-agen AS lainnya menyimpulkan bahwa Israel kemungkinan besar berada di belakang beberapa pemindai ikan pari, yang meniru menara telepon seluler untuk mencegat panggilan terdekat dan pesan teks, yang ditemukan di pusat kota Washington pada 2017.

Beberapa mantan pejabat keamanan nasional mengatakan kepada Politico bahwa analisis forensik pada perangkat oleh FBI dan agen-agen lain mengikat mereka dengan agen-agen Israel.

“Sangat jelas bahwa Israel bertanggung jawab,” kata seorang pejabat AS kepada Politico tanpa menyebut nama.

Mengutip mantan pejabat lainnya, media itu menulis: “Perangkat itu kemungkinan dimaksudkan untuk memata-matai Presiden Donald Trump  serta para pembantu utamanya dan rekan terdekatnya, meskipun tidak jelas apakah upaya Israel berhasil.”

Trump, yang menyebut dirinya presiden paling pro-Israel dalam sejarah AS, mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih pada hari Kamis bahwa ia tidak percaya tuduhan itu.

- Advertisement -