Jarak Luncur Guguran Lava Merapi Makin Jauh, Warga di Kawasan Kali Gendol Diminta Waspada

1.423 views
Walaupun memuntahkan guguran lava sejak 16 Desember lalu, Gunung Merapi dinyatakan masih aman (foto: tekno tempo)
- Advertisement -

YOGYAKARTA – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengatakan Gunung Merapi mengeluarkan tiga kali guguran lava pada Kamis (18/9/2019) dengan jarak luncur maksimum 450-550 meter.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyatakan guguran lava yang terpantau melalui CCTV itu pada periode pengamatan pukul 00:00-06:00 WIB meluncur ke arah hulu Kali Gendol.

Selain guguran lava, BPPTKG juga mencatat lima kali gempa guguran di gunung itu dengan amplitudo 3-15 mm dan durasi 33.2-57 detik.

Sementara itu, hasil pengamatan visual menunjukkan asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 30 meter di atas puncak kawah.

BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada dan untuk sementara tidak merekomendasikan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

Warga diimbau tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Sementara semakin jauhnya jarak luncur awan panas guguran Merapi, BPPTKG mengimbau warga yang tinggal di kawasan alur Kali Gendol meningkatkan kewaspadaan.

 

- Advertisement -