Warung Berkah Dompet Dhuafa Hadir di Kawasan Pasar Kemiri Muka

356 views
- Advertisement -

DEPOK—Selepas ibadah salat Jumat warga di kawasan Pasar Kemiri Muka, Depok, berdatangan memadati lapak Warung Berkah Dompet Dhuafa. Pasalnya, sebanyak 500 nasi kotak masakan khas padang dijual dengan harga di bawah semestinya.

“Seharusnya nasi ini seharga Rp27000,-, namun kami menjualnya dengan harga Rp5000,- saja,” ujar Rifai selaku koordinator lapangan pada kegiatan tersebut, Jum’at (20/9).

Tak ayal, hanya dalam hitungan menit, ratusan porsi itu habis terjual. Kebanyakan pembeli merupakan pedagang dan warga setempat. Kerap kali yang berdatangan membawa anak, keluarga, maupun saudara untuk menikmati menu rendang sebagai santapan makan siang.

Mustaki sebagai Supervisi Pelayan Masyarakat Dompet Dhuafa, menuturkan bahwa Warung Berkah adalah salah satu inovasi hasil kerja sama Dompet Dhuafa dengan restoran Simpang Raya dan Yayasan Mr. Hj. St. Mh. Rasjid dan Hj. Amansyah Salim. Bertujuan untuk masyarakat kurang mampu menikmati makanan layak.

“Selama ini kami hadir di tempat yang sekiranya terdapat banyak warga yang secara ekonomi masih terbilang rendah, seperti di komunitas marginal, lapak pemulung, dan lainnya. Warung Berkah juga pernah membuka lapak di tempat fasilitas umum, seperti rumah sakit, dan kegiatannya diperuntukkan kepada keluarga pasien,” tutur Mustaki.

Harga jual yang terbilang murah ini bukan semata-mata sekadar membantu, namun juga menghormati dhuafa serta mendidik masyarakat untuk lebih mandiri.

“Kami membuat konsep memberi tapi menghormati mereka. Karena itu, tidak kami berikan secara cuma-cuma. Semoga kegiatan ini memberi keberkahan untuk penerima manfaat maupun donatur,” imbuhnya.

- Advertisement -