Pelatihan Pemulasaraan Jenazah, Ilmu Bermanfaat di Tengah Hidup Bermasyarakat

358 views
- Advertisement -

Dompet Dhuafa mengadakan pelatihan pemulasaraan jenazah di Masjid At-Taqwa Perumahan Sawangan Elok, Depok, Sabtu (21/9). Sejumlah 76 peserta mengikuti kegiatan ini. Mereka merupakan jamaah masjid dan tokoh masyarakat setempat.

Materi pelatihan disampaikan langsung oleh pimpinan Badan Pemulasaraan Jenazah (Barzah) Dompet Dhuafa, Ustad Madroi, meliputi tata cara memandikan hingga menyalati jenazah. Peserta pun ditunjukkan simulasi mengkafani jenazah secara menyeluruh.

Ustad Madroi mengungkapkan, pemulasaraan jenazah di tengah masyarakat biasanya mengikuti tradisi secara turun-temurun. Tentu hal ini perlu mendapat pengkajian mendalam sehingga sesuai dengan syariat.

“Ada dua hal yang menjadi tuntunan pengurusan jenazah di tengah masyarakat, yaitu secara tradisi dan syariat. Tradisi ini terjadi karena masyarakat mengikuti apa yang dilihat, bukan mempelajari dan memahami. Tapi tidak jadi persoalan jika masih sesuai dengan syariat,” ungkapnya.

Pihak  pengurus masjid At-Taqwa menyambut pelatihan ini dengan harapan dapat menjadi bekal pengetahuan mengenai pemulasaraan jenazah yang sesuai dengan tuntunan semestinya. Ia pun berpendapat bahwa ilmu yang perserta dapat akan berguna dan terpakai di tengah hidup bermasyarakat ini.

“Setiap orang akan berpulang ke haribaan Allah, sehingga perlu ilmu terkait pemulasaraan jenazah karena hukumnya merupakan fardu kifayah,” ucap Iwan Setiawan.

Selama ini Barzah Dompet Dhuafa telah menyelenggarakan pelatihan serupa sejak tahun 2013, mulai dari kawasan Jabodetabek, Medan, Lampung, Padang, sampai Hong Kong. Selain pelatihan, program ini memiliki layanan antar jenazah yang beroperasi selama 24 jam dan gratis untuk masyarakat dhuafa yang tengah tertimpa musibah (meninggal).

- Advertisement -