UNHCR: Lebih dari 1.000 Migran dan Pengungsi Tewas di Laut Mediterania

360 views
Ilustrasi Migran Afrika diselamatkan di Pantai Libya/ AFP
- Advertisement -

KAIRO – Badan pengungsi PBB (UNHCR) mengatakan lebih dari 1.000 migran dan pengungsi tewas di Laut Mediterania tahun ini.

UNHCR menyerukan negara-negara anggota Uni Eropa untuk mengaktifkan kembali operasi pencarian dan penyelamatan dan mengakui peran penting kapal-kapal kelompok bantuan dalam menyelamatkan nyawa di laut.

“Tragedi Mediterania tidak bisa dibiarkan berlanjut,” Charlie Yaxley, juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR).

Uni Eropa mencapai kesepakatan dengan Ankara pada tahun 2016 untuk mengontrol aliran pengungsi dan migran ke Yunani dari Turki. Keberangkatan telah turun tajam dari angka 1 juta lebih pada 2015 menjadi sekitar 78.000 sepanjang tahun ini.

“Tentu saja jumlah orang yang mencoba menyeberangi Mediterania jauh lebih rendah. Jadi, itu menunjuk pada fakta bahwa perjalanan itu sendiri jauh lebih berbahaya, ” ujar juru bicara UNHCR Liz Throssell, kepada Reuters.

“Perlu juga digarisbawahi bahwa 70 persen kematian sebenarnya terjadi di Mediterania tengah, yaitu orang-orang yang berusaha untuk mendapatkan dari Libya menyeberang ke Italia atau Malta.”

- Advertisement -