BNPB: Hujan di Jakarta Kemarin Belum Jadi Awal Musim Penghujan

336 views
foto : Ilustrasi
- Advertisement -

JAKARTA – Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, mengatakan hujan yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (8/10/2019) belum bisa disebut mengawali musim penghujan.

Menurutnya, awal musim hujan di Jawa akan jatuh pada akhir Oktober.  Dia mengungkapkan, secara umum, Pulau Jawa akan memulai musim hujan pada akhir Oktober. Kecuali,  jika ada anomali di daerah tertentu.

“Misalnya di Bogor, yang setiap bulan ada hujan turun. Tentu kondisi di Bogor dan di Jakarta berbeda ya, ” lanjutnya, dikutip Republika.co.id.

Prediksi ini menurut dia merujuk kepada pemaparan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kemudian, awal musim hujan secara penuh diperkirakan terjadi pada awal hingga pertengahan November.

Sementara itu, untuk wilayah Indonesia secara keseluruhan, BNPB menyebut musim hujan dimulai lebih dulu untuk daerah yang berlokasi di bagian utara.

Untuk beberapa daerah di bagian Indonesia timur sebagian juga sudah merasakan hujan. Agus menambahkan daerah yang berada di bagian selatan Indonesia, misalnya NTB dan NTT akan mengalami musim hujan paling akhir.

- Advertisement -