Hong Kong Dibayang-bayangi Intervensi Beijing

485 views
Gelombang demo massa di Hong Kong sejak Juni lalu terus bereskalasi. Pemimpin Hong Carrie Lam mengisyaratkan, pihaknya akan meminta bantuan Beijing untuk mengatasinya jika situasi berkembang menjadi sangat genting.
- Advertisement -

KEPALA Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengingatkan para pengunjuk rasa bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan meminta bantuan dari China daratan guna menghentikan aksi-aksi mereka.

Berdasarkan konstitusi atau UUD di wilayah yang memberlakukan formula “satu negara dua sistem” , Hong Kong dapat meminta bantuan Beijing, meskipun sejauh ini otoritas China daratan masih menghendaki agar Hong Kong menyelesaikan sendiri persoalan internalnya.

“Jika situasi menjadi amat genting dan kita ingin Hong Kong memiliki peluang lagi (untuk pulih-red) , opsi tersebut tidak bisa dikesampingkan, “ kata Lamdalam jumpa pers (8/10).

Bergeming dari larangan otoritas Hong Kong tentang penggunaan masker dalam aksi unjuk rasa, ribuan massa turun ke jalan sehingga melumpuhkan salah satu destinasi wisata andalan dan pusat bisnis dunia bekas koloni Inggeris itu.

Gelombang aksi unjuk rasa sejak sekitar empat bulan lalu, bermula dari tuntutan terhadap pemberlakuan UU Ekstradisi yang memungkinkan pelaku kejahatan diadili di daratan China, berkembang anarkis dan berubah menjadi gerakan politik guna melengserkan Lam.

Lebih dua ratus toko dan sarana publik rusak dalam aksi unjuk rasa Jumat lalu (4/10), sedangkan 14 stasiun komuter KA masih ditutup hingga Selasa (8/10). Seluruh jadwal perjalanan KA juga dipersingkat lima jam pengoperasiannya dari situasi normal sampai pukul 24.00.

Penguasa Beijing menuding AS dan Inggeris yang menjadikan Hong Kong sebagai koloninya selama 156 tahun (1841 – 1997) berada di balik demo-demo massa yang ikut memprovokasi sentimen anti-China.

Otoritas China daratan juga sudah mempublikasikan kesiapan aparat keamanannya yang tinggal menunggu komando untuk masuk ke Hong Kong dari provinsi terdekat, Senzhen, namun agaknya masih menghitung-hitung manfaat dan mudaratnya.

- Advertisement -