Misteri Situs Menyerupai Candi di Proyek Pembangunan Jalan Raya Pemda

4.255 views
Situs Patung
- Advertisement -

JAKARTA (KBK) – Di tengah pembangunan jalan raya Pemda yang menghubungkan Cibinong dengan Parung, Bogor, Jawa Barat terdapat situs yang menyerupai candi. Lokasinya tepat berada di tepi proyek jalan yang melintasi Desa Jampang, Kemang, Kabupaten Bogor.

Menurut sesepuh setempat, Emak Nani situs tersebut akrab disebut sebagai patung. Ditilik dari sejarahnya kata Nani dahulu lokasi tersebut digunakan oleh umat budha untuk beribadah. Tak jarang juga ada aparat yang mendatangi lokasi tersebut untuk menjalankan beberapa kegiatan.

Seiring berjalanya waktu situs patung dibeli oleh juragan yang disapa Joko. Sepeninggal Joko, situs tersebut tak terurus lagi. Di lihat dari bentuk fisiknya, situs patung menyerupai stupa candi. Di bagian atasnya terdapat sosok mirip karakter di pewayangan. Menurut Nani patung tersebut merupakan Mbah Simirikiti, sang “penunggu” situs patung. Di bagian dalam stupa terdapat mata air yang konon katanya bila di rusak, seluruh desa Jampang akan kekeringan.

“Seinget emak itu tempat dibangun tahun 70an,” ungkap nenek berusia 87 tahun tersebut kepada KBK (10/10).

Masih kata Nani, sempat ada beberapa orang yang mendekat ke situs patung. Namun mereka lari ketakutan karena mendapati ular dengan ukuran besar tengah mendiami situs patung. Di lain cerita, juga ada orang yang ingin mengambil jalan pintas dalam menggapai kemakmuran hidup dan lagi-lagi hanya kesialan yang di dapat.

“Orang itu cerita ke emak, katanya langsung ‘diimpiin’ lagi di ‘lelepin’ ke danau,” ucap Nani.

Meski di sekitar area patung akan dibangun area wisata, namun ia berpesan agar situs patung tak dirusak atau dihilangkan. Nani berharap agar situs patung bisa lestari dan dipercantik.

“Kalau dibagusin gak apa-apa. Mau istirahat di sekitar patung juga gak apa-apa,” ujar Nani.

- Advertisement -