Puluhan Ribu Warga Suriah Mengungsi akibat Serangan Turki di Perbatasan

446 views
Ilustrasi / BBC
- Advertisement -

SURIAH – Serangan pasukan Turki untuk memberantas pejuang kurdi membuat puluhan ribu orang mengungsi dari rumah mereka di Suriah utara.

Sejumlah lembaga bantuan khawatir jumlah orang yang mengungsi bisa mencapai ratusan ribu lantaran tentara Turki telah mengepung kota-kota perbatasan Ras al-Ain dan Tal Abyad.

Desakan dari komunitas internasional untuk menghentikan serangan semakin kencang, namun Turki menegaskan serangan tersebut dimaksudkan untuk menciptakan “zona aman” yang bebas dari milisi Kurdi serta tempat tinggal bagi pengungsi Suriah.

Turki menganggap milisi Kurdi yang tergabung dalam Pasukan Demokratik Suriah (SDF) sebagai “teroris” yang mendukung pemberontakan anti-Turki.

Organisasi bantuan International Rescue Committee (IRC) mengatakan 64.000 orang dilaporkan telah mengungsi dari rumah mereka. Kelompok pemantau yang berbasis di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights, memberikan angka yang sama.

“Jika serangan terus berlanjut, ada kemungkinan total 300.000 orang bisa mengungsi ke kamp-kamp yang sudah terlalu padat dan kota-kota yang masih belum pulih dari pertempuran dengan ISIS,” kata Misty Buswell dari IRC, dilaporkan BBC.

Kelompok yang terdiri dari 14 organisasi kemanusiaan lain, termasuk Mercy Corps, memperingatkan jumlah pengungsi bisa mencapai 450.000 orang.

Buswell mengatakan tim IRC tetap berada di lapangan, meskipun laporan lain mengatakan sebagian organisasi bantuan telah mundur sampai ke wilayah Turki.

 

- Advertisement -