Topan Hagibis Sebabkan 48 Titik Longsor di Jepang

445 views
Tim penyelamat mengevakuasi korban banjir di Jepang akibat topan hagibis/ Reuters
- Advertisement -

JEPANG – Jepang telah mengirim puluhan ribu tentara dan pekerja penyelamat untuk menyelamatkan penduduk yang terdampar dan menghadapi banjir yang disebabkan oleh salah satu topan terburuk yang melanda negara itu dalam sejarah baru-baru ini.

Topan Hagibis melanda Jepang, dan merupakan topan paling kuat yang melanda Jepang dalam enam dekade, menyebabkan total 48 tanah longsor di 12 prefektur.

Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan tingkat siaga tertinggi untuk 12 prefektur.

Badai juga menimbulkan curah hujan yang memecahkan rekor ke banyak daerah, termasuk kota resor populer Hakone, yang dihantam hujan 939,5 mm (37 inci) selama 24 jam.

Pihak berwenang mengeluarkan saran dan perintah evakuasi untuk lebih dari 6 juta orang di seluruh Jepang. Hampir 150 cedera telah dilaporkan sejauh ini.

Di Tokyo, sekitar 80.000 penduduk menghabiskan malam di tempat penampungan darurat di tengah kekhawatiran banjir besar.

Wayne Hay dari Al Jazeera, melaporkan dari Tokyo, mengatakan masih ada peringatan di beberapa daerah pantai karena sungai-sungai meluap.

“Jadi pihak berwenang telah memberi lampu hijau bagi beberapa bendungan untuk melepaskan air, yang berarti ada bahaya yang berkelanjutan untuk beberapa komunitas yang tinggal di hilir dari bendungan itu.”

Sekitar 800 penerbangan untuk hari Minggu dibatalkan setelah pembatalan lebih dari 1.600 penerbangan pada hari sebelumnya, sementara banyak layanan kereta api di wilayah Tokyo tetap ditangguhkan.

- Advertisement -