Erdogan Klaim Pasukannya Sudah Berhasil Bebaskan 1.000 Kilometer Persegi Tanah Suriah

1.805 views
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/ Foto: ABC.net
- Advertisement -

ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan hanya tujuh hari setelah dimulai operasi anti-teror yang sedang berlangsung, Turki telah membersihkan wilayah luas Suriah utara dari penindasan teroris.

“Sampai Selasa, kami telah membebaskan area sekitar 1.000 kilometer persegi dari pendudukan kelompok teror separatis,” kata Erdogan pada KTT ke-7 Dewan Kerja Sama Negara-Negara Penutur Turki (Dewan Turki) di ibukota Azerbaijan Baku .

“Kelompok-kelompok teror adalah sumber ancaman terbesar bagi perdamaian, ketenangan, dan stabilitas di kawasan kami,” kata Erdogan.

Perkembangan di Suriah yang dilanda perang selama delapan tahun terakhir perang saudara telah menunjukkan bahwa kelompok teror tidak dapat dihilangkan dengan menggunakan yang lain, tambahnya, merujuk pada dukungan lama AS untuk teroris YPG / PKK untuk memerangi teroris ISIS, dukungan yang berakhir awal bulan ini.

Turki mengambil langkah yang sangat penting untuk melenyapkan kelompok teror PKK / YPG pada 9 Oktober pada hari peluncuran Operasi Peace Spring.

Dia mengatakan dengan operasi itu, Turki bertujuan untuk membersihkan Suriah utara dari teroris yang membentang dari kota Manbij ke perbatasan Irak-Turki dan untuk menyediakan pemukiman kembali secara sukarela sekitar 3 juta warga Suriah ke rumah mereka.

Ankara mengklaim ingin membersihkan Suriah utara di sebelah timur Sungai Efrat dari PKK teroris dan cabang Suriahnya, PYD / YPG.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa – bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.

Erdogan menambahkan bahwa sama seperti di wilayah Afrin, Jarabulus, dan Azazia Suriah  semuanya dibebaskan oleh operasi anti-teror Turki sebelumnya sejak 2016 – Turki juga akan memberikan stabilitas di Suriah utara dengan membangun infrastruktur, sekolah, rumah sakit, dan proyek lainnya dengan dukungan internasional.

- Advertisement -