Ratusan Anak di Jabar Alami Gangguan Jiwa Akibat Kecanduan Game Online

215 views
- Advertisement -

BANDUNG – Rumah Sakit Jiwa Jawa Barat mencatat, sejak 2016, ada 209 anak dirawat akibat adiksi internet dan games, dan rata-rata tiap bulan 10-12 anak melalui rawat inap/jalan di RSJ Jawa Barat di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Dokter spesialis kejiwaan di RSJ Jawa Barat, dr Lina Budiyanti SpKJ, mengatakan pasien anak ini berusia 8-15 tahun. Dia menceritakan orang tua pasien mengeluh putra-putrinya tidak bisa lepas dari gawai. Namun, dari pemeriksaan, biasanya sudah ada kondisi medis lain yang menyertai (komorbiditas).

Gangguan lain ini, ujar Lina, antara lain depresi, trauma dengan lingkungan sekitar, atau memiliki Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHA).

“Karena mungkin si anak ini nggak tahu cara mengobatinya. Untuk menyamankan dirinya ketemu lah dengan internet dan games,” jelasnya kepada VOA.

World Health Organization (WHO) telah memasukkan kecanduan internet dan games sebagai gangguan kejiwaan. Hal itu ditulis dalam revisi ke-11 International Classification of Diseases (ICD) yang terbit 2018.

- Advertisement -