Kata BMKG Soal Teriknya Cuaca Jakarta

283 views
Prakiraan Cuaca
- Advertisement -

JAKARTA – Dari hari senin (21/10) kemarin hingga hari ini, Jakarta dilanda suhu panas hingga 36 derajat. Menurut Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Agie Wandala Putra seperti dilansir Kompas (22/10) suhu panas ini terjadi karena radiasi Matahari sedang cukup tinggi, ditambah dengan tutupan awan di daerah-daerah tersebut yang tergolong rendah.

Persebaran suhu panas yang dominan berada di selatan Khatulistiwa, erat kaitannya dengan gerak semu Matahari. Pada September lalu, Matahari berada di sekitar wilayah Khatulistiwa, dan terus bergerak ke belahan Bumi selatan hingga bulan Desember mendatang.

Kondisi ini menyebabkan radiasi Matahari yang diterima oleh permukaan bumi di wilayah tersebut relatif menjadi lebih banyak, sehingga akan meningkatkan suhu udara pada siang hari.

Selain itu, pantauan dalam dua hari terakhir, atmosfer di wilayah Indonesia bagian selatan juga relatif kering, sehingga sangat menghambat pertumbuhan awan yang bisa berfungsi menghalangi panas terik Matahari.

- Advertisement -