BMKG: Pesan Berantai Cuaca Panas Ekstrem Hoax

482 views
- Advertisement -

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan imbauan akan ada cuaca panas terlampau ekstrem dalam beberapa hari adalah hoaks.

BMKG dalam akun instagramnya membantah sejumlah daerah yang diklaim berdasarkan deteksi satelit akan  dilanda cuaca ekstrem panas adalah Jakarta, Depok, Bekasi, Solo, hingga Papua Nugini. Di beberapa wilayah, suhunya sangat tinggi malah hingga 50 derajat celcius.

“Seperti yang telah disampaikan BMKG, bahwa saat ini Indonesia dilanda suhu Panas, *bukan* gelombang panas. Fenomena gelombang panas tidak terjadi di Indonesia.
Gelombang panas terjadi pada wilayah yang terletak pada Lintang menengah dan tinggi.Sementara wilayah Indonesia terletak di wilayah ekuator yang secara sistem dinamika cuaca tidak memungkinkan terjadinya gelombang panas.”

Ditambahkannya, suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya Gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun, sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.

Bahkan pada tanggal 20 Oktober terdapat tiga stasiun pengamatan BMKG di Sulawesi yang mencatat suhu maksimum tertinggi yaitu, Stasiun Meteorologi Hasanuddin (Makassar) 38.8 C, diikuti Stasiun Klimatologi Maros 38.3 C, dan Stasiun Meteorologi Sangia Ni Bandera 37.8 C.

 

 

- Advertisement -