Pakar PBB Serukan Larangan Internasional Terhadap Semua Produk Israel yang Dibuat di Tanah Ilegal

3.297 views
Pengunjuk rasa membawa spanduk sebagai protes terhadap kebijakan Israel di Wilayah Palestina/ Reuters
- Advertisement -

NEW YORK – Seorang pakar hak asasi manusia PBB  menyerukan larangan internasional terhadap semua produk yang dibuat di permukiman Israel yang dibangun di atas tanah yang diduduki, sebagai langkah untuk mengakhiri “pendudukan ilegal” rezim yang berusia 52 tahun.

Michael Lynk, pelapor khusus PBB tentang hak asasi manusia di wilayah Palestina, mengatakan kepada Majelis Umum pada Rabu (23/10/2019) bahwa “status quo” aneksasi-okupasi

“Komunitas internasional juga harus mengeluarkan “seruan tegas kepada PBB” untuk melengkapi dan merilis database “pada bisnis yang terlibat dalam kegiatan yang terkait dengan pemukiman ilegal,” katanya, dilaporkan Press TV.

Lynk menyesalkan bahwa pendudukan Israel telah ditandai oleh rasa impunitas yang kuat oleh rezim Tel Aviv. Dia mengatakan bahwa masyarakat internasional harus menyusun daftar tindakan pencegahan yang efektif yang akan “sesuai dan proporsional” dengan keadaan tersebut.

“Palestina, bersama dengan orang Israel yang memiliki hati nurani, telah berulang kali meminta komunitas internasional untuk bertindak tegas dalam mendukung hukum internasional untuk memaksa Israel mengakhiri pendudukan dan memungkinkan penentuan nasib sendiri rakyat Palestina. Kami tidak dapat mengabaikan panggilan mereka, “kata ahli.

Dewan HAM PBB telah berulang kali menunda rilis laporan tentang perusahaan yang melakukan bisnis di permukiman Israel, yang semula akan diterbitkan pada tahun 2017.

UNHRC pertama kali memberikan suara pada tahun 2016 untuk pembuatan database, yang dimaksudkan untuk membuat daftar semua perusahaan yang melakukan bisnis dengan Israel yang berlokasi di Tepi Barat, Yerusalem Timur al-Quds dan Dataran Tinggi Golan, tetapi rilisnya sejak itu telah berulang kali tertunda.

- Advertisement -