Trump di Ambang Pemakzulan

448 views
Presiden AS Donald Trump dalam proses pemakzulan di parlemen terkait dugaan skandal hubungan telpon dengan Presiden Ukrainan, meminta rahasia lawan politiknya, mantan Wapres Joe Biden.
- Advertisement -

SOSOK Presiden AS Donald Trump yang kontroversial dan disegani lawan-lawannya, baik di dalam mau pun di luar negeri, kini terancam dimakzulkan oleh kongres (Majelis Rendah atau DPR) terkait dugaan kasus pemilu.

Persoalan berawal dari permintaan Trump pada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Juni 2019 untuk menyelidiki calon pesaingnya pada pilpres 2020 dari Partai Demokrat mantan Wapres Joe Bidan dan putranya, Hunter Biden saat bergiat dalam industri gas di negeri itu.

Dalam voting Jumat dinihari WIB (1/11/), 232 anggota Fraksi Demokrat (F-PD) dari 431 anggota DPR menyetujui tatib penyelidikan dan 197 (seluruh) anggota Fraksi Partai Republik (F-PR) dan dua F-PD menolak.

Sementara dalam jajak pendapat yang digelar ABC dan Washington Post, 49 persen responden mendukung pemakzulan bagi Trump, bahkan 18 persen konstituen Republik yang mengusung Trump pada Pemilu lalu juga mendukung pemakzulan.

Lebih dari itu, jajak pendapat juga menyebutkan, 69 persen responden menginginkan investigasi kasus Trump diteruskan dan bahkan lebih separuh responden (55 persen) menilai, Trump bersalah.

Trump memerlukan bocoran informasi terkait isu pelanggaran pajak yang dilakukan Hunter di Ukraina dan juga kemungkinan campur tangan Joe dengan menggunakan kekuasaannya saat menjadi wapres AS di bawah Presiden Barrack Obama guna menekan Ukraina.

Permintaan terkait dugaan pelanggaran hukum oleh Joe diduga dilakukan Trump untuk menjegal calon Partai Demokrat itu dalam pilpres mendatang (2020) yang elektabilitasnya terus melambung tinggi.

Namun DPR ternyata malah terlebih dulu akan fokus menyelidiki kebenaran isu permintaan bantuan dari Trump kepada Zelensky, karena berdasarkan hukum AS, campur tangan asing dengan alasan apa pun yang bisa mempengaruhi proses atau hasil pemilu dilarang.

- Advertisement -