Bisa Ditiru, Cara China Kelola Gim Daring

440 views
Kecanduan gim daring anak-anak dan ABG sudah pada tahap menghawatirkan. China membatasi penggunaan gim daring bagi anak-anak dan remaja.
- Advertisement -

ANAK-anak, bahkan bayi pun di jaman digital di era now sudah diperkenalkan dengan gawai, bahkan gim daring telah membuat anak-anak di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia keranjingan.

Pemerintah China memberlakukan pembatasan waktu bermain gim daring bagi anak-anak dan remaja karena hal itu membuat mereka kecanduan dan melalaikan tugas-tugas sekolah atau kewajiban lainnya.

Anak-anak di bawah usia 18 tahun dilarang bermain gim antara pukul 10.00 malam hingga pukul 08.00 pagi, dan hanya diizinkan bermain gim pada siang hari, paling lama 90 menit atau satu setengah jam saja.

Berdasarkan peraturan itu, anak-anak yang akan bermain gim daring juga harus mendaftarkan diri dengan nama asli, menyampaikan rincian akun WeChat dan nomor HP yang digunakan.

Peraturan itu dimaksudkan selain agar anak-anak melakukan kegiatan lain yang bermanfaat, tidak menghabiskan waktunya bermain gim daring, juga untuk menekan pengeluaran yang diperkirakan mencapai antara Rp400-ribu hingga Rp800-ribu sebulannya.

Pemerintah China juga meminta produsen gim daring memodifikasi konten gim dan fungsinya demi menghindari kecanduan bagi anak-anak dan remaja.

China tercatat sebagai pasar gim video terbesar di dunia sehingga pemerintahnya yang mencemaskan kecanduan gim akan mengganggu kesehatan terutama penglihatan anak berusaha memperketat industri pembuat permainan gim tersebut.

Dengan diberlakukanya peraturan yang diposting di medsos dan dilihat 210 juta kali tersebut praktis anak-anak remaja China yang harus berangkat sekolah mulai pukul 06.30 pagi hingga pukul 22.00 tidak ada waktu lagi bermain gim.

Perusahaan pembuat permainan gim daring selain harus mematuhi peraturan pembatasan waktu bermain bagi anak-anak dan remaja, juga membuat aplikasi sistem identifikasi yang mengharuskan pemain menggunakan nama asli.

Bagaimana di Indonesiaa, apa yang harus dilakukan?, mengingat kecanduan gim daring juga sudah menimbulkan ekses-ekses negatif termasuk terjadinya kasus-kasus gangguan jiwa pada anak-anak.
(AFP/NS).

- Advertisement -