Kanada Puji Upaya Gambia Bawa Myanmar ke Pengadilan Atas Tuduhan Genosida Rohingya

454 views
- Advertisement -

KANADA – Kanada memuji dan mendukung upaya Gambia membawa Myanmar ke pengadilan untuk menjawab tuduhan genosida terhadap minoritas Rohingya.

“Kanada menyambut baik pengajuan Gambia ke Mahkamah Internasional mengenai permohonan untuk melembagakan proses terhadap Pemerintah Myanmar atas dugaan pelanggaran Konvensi Genosida,” kata Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland.

Gambia mengatakan telah mengajukan aplikasi sebanyak 46 halaman atas nama Organisasi Kerjasama Islam, yang mewakili 57 negara Muslim.

Dia menambahkan, langkah ini akan membantu memajukan pertanggungjawaban atas genosida, yang mencakup tindakan pembunuhan massal, diskriminasi sistemik, ujaran kebencian dan kekerasan seksual berbasis gender terhadap Rohingya, termasuk kekerasan yang terjadi pada Agustus 2017, yang memaksa lebih dari 740.000 Rohingya melarikan diri ke Bangladesh dan memicu pendirian kamp pengungsi terbesar di dunia.

Dia mengatakan bahwa Kanada akan bekerja sama dengan negara-negara yang berpikiran sama untuk mengakhiri impunitas bagi mereka yang dituduh melakukan kejahatan paling berat di bawah hukum internasional.

“Bersama dengan mitra kami, kami akan mengeksplorasi opsi untuk mendukung Gambia dalam upaya ini, dengan bantuan dari Utusan Khusus Kanada untuk Myanmar, Yang Terhormat Bob Rae,” ujar Freeland.

Dia menambahkan bahwa Kanada berkomitmen untuk mengatasi akar penyebab krisis dan memastikan bahwa Rohingya terlibat penuh dalam pengembangan solusi ini.

“Memastikan bahwa para pelaku kekejaman diminta pertanggungjawaban sangat penting untuk memberikan keadilan bagi para korban dan penyintas,” tutur Freeland, dilansir Anadolu Agency.

- Advertisement -