Nama Putra & Cucu Jokowi

59 views
Keluarga Presiden Jokowi saat kelahiran cucu ketiga: La Lembah Manah.
- Advertisement -

ORANG Barat menganggap, nama tak punya makna apa-apa. Bahkan pujangga Inggris William Shakespeare bilang, apalah artinya sebuah nama. Beda dengan pemahaman orang Islam, nama itu sebuah doa. Maka di tengah kecenderungan orang Indonesia memberi nama anak-anaknya berbau Barat dan Timur Tengah, kita angkat topi pada Presiden Jokowi yang tetap setia pada kemandirian budaya sebagaimana pesan Trisakti-nya Bung Karno. Dari ketiga putra-putrinya dan ketiga cucunya, punya nama yang njawani, mengakar pada budaya sendiri.

Ketika Presiden Jokowi sibuk persiapan peresmian jalan tol Lampung di lintasan Terbanggi Besar –Kayuagung 15 Nopember lalu, Ibu Negara Iriana tidak mendampinginya. Sebab dia  tengah menunggu kelahiran cucu ketiganya, yakni anak kedua Gibran Rakabuming Raka di Solo. Presiden Jokowi baru bisa menengok malam harinya.

Jika istri Gibran seorang artis, wow……pastilah proses persalinan itu akan diliput habis-habisan media TV, dari pembukaan satu sampai seratus! Dan itu tak sampai terjadi, karena cucu Jokowi yang ketiga ini proses kelahirannya memang melalui operasi cesar. Itupun wartawan rentep (banyak sekali) seperti laron, sampai-sampai Gibran meledek, “Isyu Pilwakot Solo jadi terlupakan, ya?”

Namanya juga cucu Presiden RI, tak mengherankan yang membezuk kalangan penggede negara. Menkes Terawan Putranto bahkan mendampingi saat proses kelahirannya di RS PKU Muhammadiyah, Solo. Menyusul Ketua MPR Bambang Susatyo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan juga Menko Polhukam Mahfud MD. Semua memberi selamat pada Gibran selaku bapak si bayi.

Yang menarik, nama bayi perempuan itu adalah: La Lembah Manah, itu pilihan nama yang terasa njawani sekali. Cuma agak ganjil, karena ada tambahan La di depan namanya. Apa itu? Apakah ada hubungannya dengan notasi angka dalam musik, LA, yang berarti enam? Atau LA dalam bahasa Arab yang berarti tidak? Atau jangan-jangan memang ada hubungan keluarga dengan Ketua DPD RI sekarang, La Nyalla Mattalliti?

- Advertisement -