Philip dan Panin Sekuritas Luncurkan Program Wakaf Saham

440 views
- Advertisement -

JAKARTA – Phillip Sekuritas dan Panin Sekuritas meluncurkan program Wakaf Saham dengan menggandeng Dompet Dhuafa sebagai nazir atau pengelola wakaf saham, Jumat (22/11/2019).

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia, Hasan Fawzi, menyampaikan BEI telah meluncurkan program Wakaf Saham sejak 6 April 2019 lalu. Wakaf saham akan melengkapi kegiatan filantrofi yang tersedia dalam kerangka program pasar modal syariah. Sebelumnya, BEI telah meluncurkan zakat saham juga sodaqoh saham. Dengan begitu, pasar modal bukan hanya menyediakan sarana untuk investasi di dunia saja, melainkan juga meningkatkan amal jariyah untuk bekal di akhirat kelak.

BEI mencatat setelah diluncurkannya layanan wakaf saham pada hari ini oleh Phillip Sekuritas dan Panin Sekuritas, maka telah ada enam perusahaan sekuritas yang sudah meluncurkan layananan wakaf saham selama tahun 2019.

Berdasarkan data BEI per 18 November 2019 lalu, jumlah saham syariah telah mengalami peningkatan sebesar 76% sejak tahun 2011. Dari yang semula 237 saham, hingga hari ini telah mencapai 419 saham syariah. Dalam kata lain, saham syariah mendominasi sebesar 63% dari total saham yang saat ini tercatat di BEI.

“Kami berharap akan terus diikuti perusahaan sekuritas lainnya. Karena menurut catatan kami potensi pasar modal syariah mengalami peningkatan ditambah dengan potensi wakaf saham. Dan mudah – mudahan ini dapat menjadi sumber pahala wakaf yang sangat berpotensi”, tutur Fawzi.

Dompet Dhuafa memandang wakaf saham memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian syariah di Indonesia. Tidak hanya itu, wakaf saham dapat menjadi pilihan alternatif bagi para investor untuk berbagi dan menebar manfaat yang lebih luas dan berkepanjangan.

“Pada peluncuran Wakaf Saham ini, memiliki peran penting sebagai memajukan ekonomi syariah Indonesia. Selain itu wakaf saham dapat juga menjadi pilihan alternatif untuk investor untuk berbagi melalui instrumen saham”, terang Bobby P Manullang, dilansir dompetdhuafa.org.

- Advertisement -