Rumah Srikandi untuk Peyintas Gempa Palu

20 views
- Advertisement -

JAKARTA (KBK) – Setahun gempa dan tsunami yang mengguncang Palu Donggala Sulawesi Tengah, Dompet Dhuafa siap bangun hunian tetap untuk para penyintas bencana. Hunian tetap tersebut dibangun dalam semangat Humanesia 2019 bertajuk ‘Berani Berbagi’. Ketua Humanesia 2019 Muhammad Ihsan menuturkan, sebelumnya Dompet Dhuafa memberikan respon para penyintas dengan mendirikan hunian sementara (Huntara) di sejumlah lokasi. Namun 1 tahun pasca bencana, ternyata para penyintas masih bertahan di huntara tanpa ada kejelasan kapan rumah mereka yang hancur akan dibangun kembali.

Melalui semangat Humanesia, Dompet Dhuafa berikhtiar memberikan rumah tetap atau dalam bentuk program rumah Srikandi, singkatan dari Struktur Rumah Instan Kokoh cepAt amaN Dan Inovatif (Srikandi). Rumah Srikandi merupakan teknologi rumah tinggal permanen dengan menggunakan sistem konstruksi struktur beton pracetak, dinding panel dan kusen beton. Ukuran material pracetak modular dan presisi. Sambungan menggunakan Dry Joint (Baut & Angkur), diperkuat dengan mortar perekat.

“Rumahnya tipe 36,” ujar Ihsan kepada SwaraCinta.

Eka Suwandi selaku Wakil Ketua Humanesia 2019 mengatakan, hunian permanen ini akan diberikan kepada kurang lebih 1000 Kepala Keluarga yang tersebar di Kabupaten Sigi dan Donggala. Pembangunan di Donggala meliputi kecamatan Labuan, Tanatovea, Sirenja, Sindue dan Sindue Tombusabora. Sementara di Kabupaten Sigi mencakup 3 kecamatan yakni Dolo, Gumbasa danTanambulava.

“Kalau dirinci pembangunannya ada di puluhan dusun,” terang Eka.

Eka mengatakan hunian tetap ini merupakan satu dari sejumlah bagian kampanye Humanesia. Sehingga pembangunannya berdasarkan penghimpunan selama Humanesia yang dimulai dari November 2019 hingga Januari 2020. Tetapi tak menutup kemungkinan bila ada hunian tetap Srikandi yang akan dibangun lebih dulu.

“Kelebihan hunian Srikandi ini mudah diaplikasikan, ramah lingkungan karena sistem percetakan minim limbah dan 10 hari jadi,” ujar Eka.

- Advertisement -