Utusan Kerajaan Denmark Kunjungi Kraton Yogya

39 views
- Advertisement -

JAKARTA – Hari ini Putri Mahkota Kerajaan Denmark, Mary Elizabeth Donaldson, berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat (Yogyakarta). Kunjungan Mary berlangsung sekitar 1,5 jam.

Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengatakan kedatangan Mary adalah kunjungan kenegaraan biasa.

“Ya ngobrol-ngobrol saja, biasa-biasa saja kekeluargaan saja… Dia tanya Keraton ini didirikan tahun berapa dan sebagainya, saya menjelaskan,” kata Sultan HB X kepada seperti dilansir Detik (4/12).

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini menerangkan kedatangan Mary merupakan permintaan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, bukan pihak Keraton yang mengundang.

“Dari departemen luar negeri kirim surat untuk, kan ada permintaan dari Duta Besar Denmark (kepada) Keraton untuk makan siang setelah (Mary) dari Borobudur,” tuturnya.

Sementara itu, Mary yang juga merupakan Patron UNFPA membahas tentang kegiatan UNPFPA di Yogyakarta.

“Beliau itu aktif di UNFPA, mengerjakan kegiatan tentang kepemudaan,” jelas putri sulung Sultan HB X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi.

Mangkubumi menjelaskan, selama ini Denmark merupakan donatur terbesar UNFPA. Adapun kunjungan Mary ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat salah satunya untuk melihat program UNFPA yang berada di Yogyakarta.

“Beliaunya kan melihat program Unala yang ada di Yogya, yang kebetulan beberapa tahun lalu saya yang membuat,” sebutnya.

- Advertisement -