Arab Saudi Dilaporkan Sita Belasan Kapal Pembawa Bantuan Makanan untuk Yaman

604 views
Ilustrasi Kapal bantuan kemanusiaan tiba di pelabuhan Hudaydah, Yaman, Minggu (26/11/2017) setelah blokade Saudi pada tanggal 6 November/ AFP
- Advertisement -
YAMAN – Seorang pejabat maritim Yaman mengatakan koalisi yang dipimpin Saudi telah menyita lebih dari 12 kapal yang membawa  makanan yang ditujukan untuk Yaman yang dilanda konflik, meskipun kapal-kapal tersebut sebelumnya telah memperoleh izin  dari PBB.

Pejabat yang tidak disebutkan namanya di pelabuhan Hudaydah mengatakan kepada jaringan televisi al-Masirah berbahasa Arab pada hari Rabu (4/12/2019) bahwa 13 kapal telah terdampar di pelabuhan Jizan di barat daya Arab Saudi.

Dia menambahkan bahwa kapal-kapal tersebut telah menjalani pemeriksaan oleh PBB dan memperoleh surat-surat yang relevan.

Pernyataan itu dikeluarkan sehari setelah Yemen Petroleum Company mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa koalisi yang dipimpin Saudi dengan tegas menolak untuk mengizinkan kapal tanker berlayar menuju Yaman dan menurunkan muatan mereka di sana.

Pernyataan itu mencatat bahwa aliansi itu menahan lima kapal bermuatan bensin dan solar untuk meningkatkan penderitaan warga Yaman.

Kapal dilaporkan membawa 84.837 liter bensin dan 53.004 liter diesel.

- Advertisement -