Enam Tips Agar Tetap Sehat di Masa Pancaroba

24 views
Direktur Kesehatan Dompet Dhuafa, dr. Yeni Purnamasari/ dompet dhuafa
- Advertisement -

JAKARTA – Masa pancaroba atau peralihan dari musim panas ke dingin kerap menimbulkan berbagai gangguan kesehatan akibat perubahan suhu udara, tekanan udara dan komposisi udara.

Direktur Kesehatan Dompet Dhuafa, dr. Yeni Purnamasari, mengatakan perubahan cuaca dapat  menciptakan kondisi dimana kuman dan virus bisa lebih mudah untuk berkembang biak.

Menurutnya, salah satu penyakit yang sering muncul saat pancaroba adalah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), seperti radang tenggorokan, flu dan sebagainya yang disebabkan oleh virus, karena virus bisa mudah berkembang biak dan menyebar, juga daya imun kita yang menurun.

Sementara kelompok yang rentan untuk pada masa pancaroba, menurut dr. Yeni adalah bayi dan anak-anak karena imunitasnya belum sempurna, kemudian ibu hamil dan lansia juga memiliki daya rentan yang sama, karena memang ada perubahan hormon alam tubuh.

Dilansir dompetdhuafa,org, dr.Yeni membagikan kiat agar kelompok rentan tersebut tidak terkena sakit saat pancaroba, diantaranya pertama, Jaga asupan makanan untuk gizi seimbang. Terdiri dari 4 macronutrien diantaranya protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Pada usia dewasa semua unsur tersebut bisa dikonsumsi secara seimbang. Sedangkan pada anak-anak, komposisi protein lebih banyak, karena untuk membangun zat imunnya yang masih dalam masa pertumbuhan.

“Kedua, pastikan cukup untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup. Jadi pastikan tubuh kita dalam kondisi hidrasi, atau cukup cairan tubuh, bukan dehidrasi. Kita ketahui, tubuh kita terdiri dari air lebih banyak. Asupan cairan tubuh kita, satu setengah hingga 2 liter tercukupi. Atau sekitar 8-12 gelas sehari.”

Kemudian ketiga, tetap lakukan aktivitas fisik, walau di rumah, di kantor, di perjalanan. Lakukan setidaknya 30 menit dalam satu hari. Menurutnya, hal tersebut membantu kita meningkatkan metabolisme dalam tubuh, untuk mengantarkan nutrisi agar sampai ke organ yang membutuhkan.

- Advertisement -