Tim RDK Dompet Dhuafa Respon Cepat Bantu Pasien TB di Bogor

22 views
- Advertisement -

BOGOR – Tim Respons Darurat Kesehatan (RDK) Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa menemui Rama Septian (19), penderita TBC di  Babakan Peundeuy, Kota Bogor, Jawa Barat pada Selasa (3/12/2019) lalu.

Rama terdiagnosis Tuberkolosis (TB) sekitar dua bulan lalu, dan dia sempat mengalami sesak nafas, muntah-muntah, dan lemas.

“Jadi, kita dapat info dari kader yang di Bogor. Bahwa ada salah satu warganya terjangkit sakit paru-paru,” kata Faisal, tim RDK LKC Dompet Dhuafa.

Tim RDK langsung mengarahkan Rama ke RS Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa untuk memberikan penanganan. Namun, sempat terkendala karena BPJS Rama menunggak selama setahun,  sebesar Rp 2.900.000.

Beruntung, berkat bantuan program LKC Corner, program pendampingan penerima manfaat, tunggakan BPJS Rama telah lunas pada Rabu (4/12/2019).

Setelah penanganan yang diberikan RS RST Dompet Dhuafa, pihak rumah sakit menyarankan Rama untuk segera mendapatkan rujukan ke Rumah Sakit Paru Dr M Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua, Bogor.

“Kita bergegas sekitar pukul 06:30 WIB, dari Bekasi untuk jemput pasien di RST. Kemudian, sekitar pukul 11:30 WIB, kami baru sampai ke RSPG. Pasien langsung mendapat tindakan,” ujar Faisal, seperti dilansir Znews, Minggu (8/12/2019).

Namun meski BPJS miliknya sudah lunas tapi belum bisa aktif, karena sebelumnya, Rama ternyata pasien BPJS PBI. Berhubung keduanya aktif, dan BPJS mandiri menunggak, akhirnya dibekukan.

Dengan demikian, tim RDK mengarahkan pihak keluarga untuk mengurus ke Dinas Kesehatan, meminta bantuan melalui jamkesda, dan akhirnya Rama kini sudah bisa dirawat inap.

 

- Advertisement -