Greta Thunberg Berjuang untuk Lingkungan

35 views
Greta Thunberg (16) remaja asal Swedia, dinobatkan sebagai tokoh 2019 oleh majalah TIME atas perjuangan gigihnya menyuarakan isu perubahan iklim global
- Advertisement -

REMAJA pegiat lingkungan, Greta Thunberg (16) asal Swedia dinobatkan sebagai tokoh Tahun 2019 oleh majalah TIMES karena dinilai telah menginspirasi jutaan remaja di seluruh dunia untuk peduli lingkungan.

Sejak 16 terakhir ini Greta sengaja membolos dari sekolahnya setiap Jumat, berunjuk rasa seorang diri di depan gedung parlemen Swedia untuk mengkampanyekan isu perubahan iklim global dan menuntut pemerintah memenuhi target pembatasan emisi karbon.

Ternyata gayung bersambut, hanya dalam hitungan bulan, bermunculan aksi mendukung Greta guna mendesak para penentu kebijakan agar lebih proaktif memperhatikan dan menanggulangi persoalan lingkungan.

“Saya ingin anda tergugah, merasakan kecemasan seperti yang saya alami dan melakukan sesuatu,” ujarnya lantang di depan para pemimpin dunia dan CEO perusahaan terkemuka di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Januari lalu.

Majalah TIMES menyebutkan adanya kepentingan politik di balik kerumitan isu iklim global , sehingga walau Greta tidak menawarkan solusi yang ampuh, ia sudah berhasil mengubah sikap masyarakat dunia yang bergeming dan mengonversi kegelisahannya menjadi gerakan untuk menjaga lingkungan.

Walau Greta tidak pernah menerima bantuan keuangan dalam kagiatannya dari pihak mana pun, ia memiliki 12 juta pengikut di akun Facebook, Instagram dan Twitter miliknya.

Ia juga berhasil menggalang tokoh-tokoh seperti mantan Presiden AS Barrack Obama, Dalai lama dan bintang film kesohor Arnold Schwarzenegger, bertemu dengan Paus Fransiscus dan menginspirasi empat juta orang untuk bergabung dalam protes terkait iklim global.

Mantan Menlu AS Hillary Clinton menilai, pilihan tokoh 2019 oleh Time tepat dan menurut dia, tidak ada orang lain lagi yang lebih pantas. Hillary juga menyampaikan terima kasih atas kegigihan Greta berbicara lugas dan keras dalam memperjuangkan kebenaran.

- Advertisement -