Greta Thunberg Berjuang untuk Lingkungan

40 views
- Advertisement -

Namun Greta dengan rendah hati menyebutkan, penghargaan yang diterimanya adalah untuk semua yang ikut gerakan #FridaysForFuture dan aktivis lingkungan dimana saja. “Wow, sulit dipercaya!, ” ungkap Greta mengenai penghargaan yang diberikan padanya.

Greta juga mengecam pemimpin dunia dalam sidang Perubahan Iklim PBB di New York, AS, September lalu, yang dianggapnya malah bergantung pada generasi muda dala upaya menekan laju pemanasan global.

“Kalian telah mencuri mimpiku dan masa kanak-kanakku dengan janji kosongmu. Kami akan mengawasi kalian,” ujar Greta dalam pidatonya yang terkenal.

Tidak semua Memuji Greta

Namun tidak semua pemimpin negara memuji kiprah Greta, malah ia mendapat sambutan negatif dari sejumlah pemimpin seperti Presiden Brazil Jair Bolsonaro, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Donald Trump.

Kepada awak media, Bolsonaro menyebut Greta sebagai “anak nakal” setelah dia menyoroti pembunuhan penduduk asli Brasil di Amazon.

“Sangat impresif melihat pers memberikan porsi bagi pirralha (anak nakal-bahasa Porto-red) sepertinya,” ucap Bolsonaro, sementara Presiden Putin menilai Greta, “baik, tetapi kurang informasi”.

Sedangkan Presiden Trump menilai, pemberian penghargaan bagi Greta sesuatu yang konyol dan ia menyuruh Greta bersantai atau menonton film ketimbang menjadi aktivis lingkungan.

Video Greta yang memandang Trump dengan sorotan tajam saat pertemuan iklim di New York September lalu menjadi viral di medsos, menunjukkan sikapnya yang kerap emosional terhadap para pemimpin negara yang dianggapnya kurang tanggap pada perubahan iklim global.

Terlepas pro dan kontra terhadap Greta, dituntut orang-orang yang memiliki nyali
dan berani tampil beda untuk melakukan perubahan ke arah lebih baik atau menegakkan kebenaran di tengah politisi dan para birokrat yang berada di zona nyaman.

- Advertisement -