Purwanto Jadi Inovator Transformasi Pemburu Jadi Petani Lebah di Hutan Wanagama

20 views
- Advertisement -

YOGYAKARTA – Purwanto, ketua Kelompok Petani Madu Sumber Rejeki, menjadi innovator dalam transformasi ‘Pemburu’ ke ‘Petani’ lebah di Hutan Wanagama.

Sudah sejak di bangku SD, Purwanto bersinggungan dengan lebah, karena sering ikut ayahnya  yang seorang pemburu madu hutan. Purwanto pun sudah biasa mendapatkan sengatan lebah, demi manisnya madu. Bahkan saking terbiasanya, Purwanto tidak perlu menggunakan satu pun pelindung, ketika menjelaskan cara memanen madu kepada peserta Care Visit Dompet Dhuafa Yogyakarta.

Sekalipun ratusan lebah menghampirinya, namun tak ada satupun lebah yang mampu memberikan rasa sakit atau menembus kulit pria berusia 65 tahun tersebut.

“Saya mah nggak perlu pakai itu (pelindung), sudah biasa. Tapi jangan ditiru ya, butuh 35 tahun buat bisa kebal kaya saya,” candanya.

Hutan Wanagama, di Kabupaten Gunungkidul bukan hanya sekedar lahan hijau. Namun juga sumber rezeki bagi sebagaian orang. Populasi lebah penghuni hutan tersebut, dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk menyambung hidup, termasuk Purwanto.

“Ada puluhan petani lebah di sini. Kami mengelola ratusan bahkan ribuan skup di sepanjang hutan Wanagama,” jelasnya, dilansir dompetdhuafa.org.

Kelompok Petani Madu Sumber Rejeki sendiri merupakan  wadah bagi puluhan petani madu yang menggantungkan hidup dari lebah di Hutan Wanagama, binaan Dompet Dhuafa Yogyakarta.

- Advertisement -