Pesawat Qantas Mendarat Darurat Lalu Kabin Keluarkan Asap

25 views
Ilustrasi
- Advertisement -

JAKARTA – Penumpang pesawat Qantas dievakuasi menggunakan papan peluncur karet darurat di Bandara Sydney, New South Wales (NSW) Australia, setelah kabin pesawat yang mereka tumpangi dipenuhi asap, tak lama setelah burung besi itu mendarat darurat karena “masalah hidrolik”.

Penerbangan dari Sydney menuju Perth yang membawa lebih dari 271 penumpang berangkat tepat pukul 08.30 pagi pada hari Minggu (15/12/2019). Sekitar 30 menit setelah lepas landas, kapten penerbang mengumumkan bahwa pesawat harus kembali ke Bandara Sydney karena mengalami masalah hidrolik.

Sejumlah penumpang yang diwawancarai ABC mengatakan pesawat Qantas itu sempat macet di landasan pacu setelah mendarat ketika asap mulai memenuhi kabin.

“Kami berada di landasan menunggu untuk ditarik dan kami mulai mencium bau terbakar,” kata Dillon Parker seperti dilansir ABC News (16/12).

Penumpang lainnya bercerita mereka mencium bau hangus yang sangat kuat. Ally Kemp yang sedang menuju ke Perth setelah menghabiskan enam bulan belajar di luar negeri, mengatakan adegan itu sangat “menakutkan”.

“Ketika pesawat kami kembali ke gerbang, kabin pesawat mulai dipenuhi asap dan pada dasarnya kapten mulai berteriak ‘Evakuasi!’,” Kata pria berusia 20 tahun itu.

Dalam sekejap kondisi berubah menjadi sangat menakutkan dan penumpang langsung diminta keluar dari pesawat dengan menggunakan papan peluncur karet darurat, situasinya sangat mencekam.

Saat bergegas keluar dari kabin, beberapa orang penumpang mengalami cedera pada lengan dan kaki mereka karena terdorong oleh penumpang lainnya yang panik. Beberapa penumpang lainnya ada yang terbentur rak penyimpan bagasi di atas kepala mereka saat bangkit dari tempat duduk mereka.

- Advertisement -